Tuesday, December 25, 2007

situs indonesia my info

expr:id='"post-" + data:post.id' >



sebagai bagian dari kampanye pemulihan citra pariwisata Bali, Departemen Kebudayaan dan Pariwisata juga mengadakan kegiatan e-marketing untuk mempromosikan situs resmi pariwisata Indonesia yang dikelola oleh Departemen Kebudayaan dan Pariwisata, yang beralamatkan di www.my-indonesia.info.

Salah satu kegiatan yang dilakukan Indo.com, yang dipercaya menjadi Konsultan Pelaksana, adalah mengadakan audit atas situs www.my-indonesia.info ini, untuk melihat sejauh mana situs ini dapat dijangkau oleh mesin-mesin pencari di Internet (search engine), yang biasanya merupakan titik awal seseorang dalam menggunakan Internet untuk mencari informasi.

Kemudahan situs ini berinteraksi dengan search engine akan menjadi faktor penentu sejauh mana situs ini dapat ditemukan pengguna Internet ketika mereka mencari informasi tentang Indonesia di Internet.
Pada awal November 2006, ketika audit pertama dilakukan, situs www.my-indonesia.info tidak dapat ditemukan oleh search engine.

Ketika mencari kata-kata seperti "Indonesia info", "Indonesia culture" atau "Indonesia tourism", situs www.my-indonesia.info tidak turut ditampilkan oleh Google sebagai hasil dari pencarian. Indo.com menggunakan software tool untuk bisa secara otomatis mendapatkan hasil dari berbagai search engine ketika seorang pengguna Internet mencari puluhan bahkan ratusan kombinasi kata yang mungkin terpikir oleh mereka. Praktis untuk semuanya, situs www.my-indonesia.info tidak ditampilkan oleh Google.

Indo.com kemudian melakukan langkah perbaikan untuk memperbaiki situasi ini, salah satunya dengan mengubah cara penulisan dan pemrograman halaman-halaman pada situs www.my-indonesia.info ini. Situs yang sudah diperbaiki kemudian di launch kembali pada pertengahan bulan November.

Awal Desember ini, hasilnya sangat menakjubkan.

Ketika Google.com digunakan untuk mencari padanan kata "Indonesia info", situs www.my-indonesia.info tampil pada urutan KEDUA teratas (persis di bawah CIA, yang sudah bertahun-tahun berada pada urutan teratas). Untuk padanan kata "Indonesia culture", situs www.my-indonesia.info juga dengan bangga tampil pada urutan kedua. Dan untuk "Indonesia tourism", situs www.my-indonesia.info juga tampil pada halaman pertama, pada urutan ke-empat. Hasil audit indo.com dengan menggunakan software toolnya juga menunjukkan secara konsisten untuk puluhan padanan kata, situs www.my-indonesia.info kini telah ditampilkan oleh search engine seperti Google.com.

"Kami sangat puas dengan hasil yang sangat menakjubkan ini," komentar Eka Ginting, CEO indo.com. "Dengan posisi seperti ini di search engine, situs resmi pariwisata Indonesia www.my-indonesia.info akan diakses oleh orang-orang yang nantinya akan menjadi wisatawan ke Indonesia . Tentu saja, posisi ini kedepannya perlu terus dikelola dan di-maintain."

Dengan posisi yang sangat baik pada search engine ini, diharapkan orang-orang yang ingin berwisata ke Indonesia akan mendapatkan informasi yang lengkap dan yang resmi tentang dunia wisata di Indonesia, sehingga berdampak positif bagi segala usaha-usaha Pemerintah maupun para stakeholder industri pariwisata lainnya untuk pemulihan pariwisata Bali khususnya dan pariwisata Indonesia umumnya.

No comments: